INFO SEKOLAH
Senin, 15 Jul 2024
  • Assalamualaikum, Selamat datang di MTs Wahid Hasyim Balung - Jember | Portal informasi seputar MTs Wahid Hasyim | Madrasah Hebat | Madrasah Bermartabat

Refleksi diri

Diterbitkan :

Refleksi diri adalah bagian dari proses introspeksi diri yang dilakukan dengan cara melihat kembali dan merenungkan berbagai hal yang telah terjadi di dalam hidup, seperti pengalaman, kebiasaan, dan keputusan. Refleksi diri bisa membantu Anda untuk menjalani hidup yang lebih baik ke depannya.

Melakukan refleksi diri bisa membuka kesempatan Anda untuk melihat hal-hal penting dari setiap keadaan yang sudah pernah Anda lalui. Bila dilakukan secara rutin dan dengan cara yang tepat, refleksi diri bisa membuat hidup Anda lebih sehat, seimbang, dan bahagia.

Manfaat Refleksi Diri

Ada beragam manfaat refleksi diri yang bisa Anda peroleh, antara lain:

1. Memahami kelebihan dan kekurangan diri

Melakukan refleksi diri bisa membantu Anda memahami kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri Anda dengan lebih baik.

Hal ini kemudian dapat Anda manfaatkan untuk mengembangkan kelebihan Anda menjadi sesuatu keterampilan yang konkret. Sementara dengan mengetahui kekurangan, Anda bisa mengetahui batasan Anda dalam mengerjakan sesuatu.

2. Menemukan pelajaran berharga

Refleksi diri juga dapat membantu Anda memperoleh perspektif baru dan hikmah dari hal-hal yang telah Anda alami. Ini memungkinkan Anda untuk bersikap optimis akan masa depan, karena Anda telah mengetahui bahwa hal terburuk di masa kini bisa jadi bermanfaat untuk masa depan.

3. Menanggapi sesuatu dengan lebih bijak

Saat dihadapkan pada suatu keadaan atau masalah, kita kerap kali merespons keadaan tersebut tanpa berpikir panjang. Padahal, hal ini dapat menyebabkan timbulnya perkataan atau reaksi kurang baik yang mungkin akan kita sesali di kemudian hari.

Refleksi diri bisa membuat Anda lebih paham mengenai konsekuensi dari kata-kata dan tindakan Anda. Dengan begitu, ke depannya Anda bisa mempertimbangkan tindakan terbaik yang bisa Anda lakukan pada situasi-situasi tertentu.

Cara Menerapkan Refleksi Diri

Berikut adalah beberapa cara menerapkan refleksi diri di dalam kehidupan sehari-hari:

1. Siapkan pertanyaan-pertanyaan penting

Sebelum melakukan refleksi diri, Anda perlu menyiapkan beberapa pertanyaan penting untuk Anda jawab sendiri. Beberapa contoh pertanyaan tersebut antara lain:

  • Apa ketakutan terbesar saya? Bagaimana ketakutan tersebut mempengaruhi kehidupan saya?
  • Apa penyesalan terbesar saya? Bagaimana cara saya bisa lepas dari penyesalan tersebut?
  • Adakah cara yang bisa membuat saya menjadi teman, rekan kerja, atau pasangan yang lebih baik?

Selain pertanyaan-pertanyaan di atas, Anda juga bisa menyiapkan berbagai pertanyaan lainnya, misalnya pertanyaan yang mungkin ada di pikiran Anda selama ini, tetapi belum mampu Anda jawab.

2. Pilih metode yang sesuai

Setelah menentukan pertanyaan untuk proses refleksi diri, pilihlah metode refleksi diri yang nyaman untuk Anda lakukan.

Berbagai metode refleksi diri yang bisa Anda pilih antara lain bermeditasi, berjalan, berlari, atau menulis. Sambil melakukan metode yang Anda pilih, jawablah pertanyaan-pertanyaan refleksi diri yang telah Anda siapkan sebelumnya.

Ingat, saat menjawab pertanyaan refleksi diri, Anda harus jujur kepada diri sendiri terkait apa yang Anda pikirkan dan rasakan.

Jika pertanyaan tersebut sudah mampu Anda jawab, kemudian cobalah pikirkan apakah ada hal-hal yang mungkin bisa Anda pelajari dari sana. Bila ada, Anda bisa menerapkan pelajaran itu pada kehidupan sekarang.

3. Jadwalkan waktu refleksi diri

Menetapkan jadwal akan membantu Anda terbiasa untuk melakukan refleksi diri. Cobalah mulai dalam waktu yang singkat terlebih dahulu, misalnya 10 menit, kemudian tambahkan rentang waktunya perlahan-lahan. Dengan melakukannya secara teratur, Anda akan merasakan manfaat refleksi diri dengan maksimal.

Namun, ingat bahwa tujuan melakukan refleksi diri bukanlah untuk menyalahkan diri sendiri atau menyesali hal yang telah terjadi dalam hidup. Sebaliknya, refleksi diri dilakukan agar kita bisa belajar dan mampu membuat perubahan ke arah yang lebih baik di masa mendatang.

Bila selama ini Anda merasa memiliki banyak kesalahan atau banyak menyesali hal yang terjadi di masa lalu, bisa jadi refleksi diri yang Anda lakukan tidak benar. Hal ini tidak boleh dipelihara karena tidak baik untuk self-esteem dan kesehatan mental Anda.

Jika ini terjadi pada Anda, jangan sungkan untuk berkonsultasi kepada psikolog. Dengan begitu, Anda bisa dibimbing untuk membentuk sudut pandang baru yang lebih baik terhadap hal-hal yang tadinya negatif bagi Anda.

Sumber: https://www.alodokter.com/seputar-refleksi-diri-manfaat-dan-cara-menerapkannya

Akhmad Hafiedz Luqman

Tulisan Lainnya

Oleh : Galih Dian Masruhah

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Oleh : Hafidz Luqman

Tentang MTs Wahid Hasyim