INFO SEKOLAH
Senin, 15 Jul 2024
  • Assalamualaikum, Selamat datang di MTs Wahid Hasyim Balung - Jember | Portal informasi seputar MTs Wahid Hasyim | Madrasah Hebat | Madrasah Bermartabat

Tentang MTs Wahid Hasyim

Diterbitkan : - Kategori : Madrasah / Tentang

Sejarah Berdirinya Madrasah dilingkungan Yayasan Abdul Wahid Hasyim Balung.

Yayasan ini berdiri sejak tahun 1957, berawal dari Majlis Ta’lim yang diprakarsai para Ulama Nahdatul Ulama (NU) desa Balung menyebarkan ajaran islam Ahlusunnah Wal Jamaah Annahdliyah disekitar desa Balung pada tahun 1954. yang selanjutnya Majlis Ta’lim tersebut mendirikan madrasah diniyah sebagai wadah pendidikan agama formal yang saat itu masih bertempat di rumah salah satu warga NU dermawan di Balung.

Tahun 1956 madrasah diniyah tersebut berkembang pesat hingga menjadi lembaga pendidikan formal dengan nama Madrasah Ibtidaiyah NU. Dalam pendidikannya madrasah ini menganut kurikulum pondok pesantren yang mayoritas tenaga pendidiknya berasal dari warga NU yang juga pengurus MWC NU Balung.

Semakin pesatnya minat warga dalam dunia pendidikan selang 4 tahun tepatnya pada tahun 1960 dibangunlah gedung Pendidikan Guru Agama (PGA) 4 tahun sebagai jenjang lanjutan dari madrasah diniyah diatas tanah seorang dermawan Nyai Hj. Zubaidah yang mewakafkan tanah seluas 1,5 hektar bertepatan di Jalan Puger desa Balung Lor, dan tak hanya itu tanah sawah 1 hektar di desa Balung Kulon kecamatan Balung juga turut diwakafkan guna mendukung pendanaan penyelenggaraan pendidikan pada waktu itu.

Selanjutnya seiring dengan perubahan “Bagian Pendidikan” yang berkembang menjadi “Jawatan Pendidikan Agama” di Departemen Agama. Ketentuan-ketentuan tentang PGA dan SGHA diubah. PGA yang 5 tahun diubah menjadi 6 tahun, terdiri dari PGA Pertama 4 tahun dan PGA Atas 2 tahun. PGA jangka pendek dan SGHA dihapuskan.

sebagai pengganti SGHAI bagian “d” didirikan PHIN ( Pendidikan Hakim Islam Negeri) dengan waktu belajar 3 tahun dan diperuntukkan bagi lulusan PGA pertama. Pada tahun 1976 Yayasan Abdul Wahid Hasyim mulai menyelenggarakan PGA 6 tahun.

Pada tahun 1984 dikeluarkan SKB 2 Menteri, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama tentang Pengaturan Pembakuan Kurikulum Sekolah Umum dan Kurikulum Madrasah. Lahirnya SKB tersebut dijiwai oleh Ketetapan MPR No. II/TAP/MPR/1983 tentang perlunya Penyesuaian Sistem Pendidikan, sejalan dengan kebutuhan pembangunan disegala bidang, antara lain dengan melakukan perbaikan kurikulum sebagai salah satu di antara pelbagai upaya perbaikan penyelenggaraan pendidikan di sekolah umum dan madrasah. Sehingga sebagai tindak lanjut SKB 2 Menteri tersebut lahirlah “Kurikulum 1984” untuk madrasah, yang tertuang dalam Keputusan Menteri Agama No. 99 tahun 1984 untuk Madrasah Ibtidaiyah, No. 100/1984 untuk Madrasah Tsanawiyah dan No. 101 Tahun 1984 untuk Madrasah Aliyah.

Hal tersebut berimbas pada penyesuaian pendidikan dalam tubuh Yayasan Abdul Wahid Hasyim, Departemen Agama RI menetapkan perubahan PGA 4 Tahun berubah menjadi Madrasah Tsawiyah dan PGA 6 Tahun berubah menjadi Madrasah Aliyah. Maka lahirlah MTs Wahid Hasyim untuk tingkat pendidikan setara SMP dan MA Wahid Hasyim untuk tingkat pendidikan setara SMA. Hal ini termaktub dalam Notaries RJ.Boentaran Santoso,SH. No.24 Tanggal 7 Mei 1984 di Jember yang pada saat itu secara resmi lembaga berada dibawah Yayasan Pendidikan Islam (YASPI) Abdul Wahid Hasyim , dengan 2 lembaga naungan dan 2 lembaga tambahan SMP dan SMA Satya Dharma, diantaranya :

a. Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim
b. Madrasah Aliyah Wahid Hasyim
c. SMP Satya Dharma
d. SMA Satya Dharma

Tokoh-Tokoh pendidik dan perintis berdirinya YASPI Abdul Wahid Hasyim Balung:

    1. Kyai Mudhar
    2. Nyai Hj. ZubaidahKyai Hasan Basuni
    3. Sayyid Abdul Qodir SAS
    4. Kyai Hasyim
    5. Kyai Jawahir
    6. Kyai Abdul Bari
    7. KH. Shodik Mahmud SH.
    8. KH. Makmun
    9. H. Dimyati
    10. H. Sonhaji
    11. H. Ahmad Supardi
    12. KH. Said
    13. H. Hanan Nur
    14. Hanan Marzuki
    15. H. Syamsul Arifin
    16. Isma’il
    17. Muji
    18. Kohar
    19. dan masih banyak lagi yang belum disebutkan

Tepat pada tanggal 1 April 2015 nama Yayasan berubah dari Yayasan Pendidikan Islam (YASPI) Abdul Wahid Hasyim menjadi Yayasan Abdul Wahid Hasyim sesuai dengan

Akte Notaris : ESTI SETYOWATI, SH, Mkn Nomor : 82/2015
SK KEMENKUMHAM RI No. AHU-0033015.AH.01.04.Th.2015 Jember

Post Terkait

Refleksi Diri

Senin, 24 Okt 2022

KODE ETIK GURU

Jumat, 21 Okt 2022

Juknis Bos 2022

Jumat, 21 Okt 2022